Sejarah Sheffield FC , Klub Sepak Bola Tertua Di Dunia

Sejarah Sheffield FC , Klub Sepak Bola Tertua Di Dunia

Sejarah Sheffield FC – Mungkin sebagian dari kalian para penggemar sepak bola masih asing dengan nama klub Sheffield FC. Namun tahukah kalian jika Sheffield FC merupakan klub sepak bola tertua yang ada di dunia ?

Sejarah Sheffield FC

Sheffield FC resmi didirikan pada tanggal 24 Oktober 1857. Klub ini dibentuk oleh dua member klub kriket lokal , Nathaniel Creswick dan William Perst dalam sebuah pertemuan di Parkfield House serta bermarkas di East Bank Road. Setelah resmi berdiri , Sheffield FC langsung menggelar pertandingan pertama yang bertajuk “Menikah vs Lajang” dan “Pekerja vs Pengangguran”.

Satu tahun setelahnya , kedua pendiri klub tersebut merancang sebuah aturan main baru yang dipercaya sebagai regulasi sepak bola modern pertama di dunia yang bernama Sheffield Rules. Sheffield Rules akhirnya diadaptasi oleh federasi sepak bola Inggris atau yang kita kenal dengan FA yang berdiri lima tahun setelahnya yaitupada tanggal 26 Oktober 1863.

Sejarah Sheffield FC , Klub Sepak Bola Tertua Di Dunia

Sheffield Rules adalah regulasi sepak bola pertama yang mengatur sepak pojok dan tendangan bebas untuk sebuah pelanggaran. Selain itu peraturan ini juga menjadi cikal bakal mengenai posisi pemain dalam suatu tim seperti kiper dan penyerang hingga teknik unggulan yang juga tercantum di dalamnya.

Sheffield Rules akhirnya telah diterapkan dalam pertandingan sepak bola paling awal di dunia melawan klub tetangga yang baru berdiri pada 1860, Hallam FC. Pertandingan itu berhasil dimenangkan oleh Sheffield LC dengan skor 2-0.

Setelah FA berdiri , Sheffield FC mendaftarkan diri sebagai anggota klikwin88 awal bersama klub lainnya yaitu Barnes FC, Civil Service FC, Crusaders, Wanderers FC, Perceval House, Blackheath, NN Kilburn, Crystal Palace, Surbiton, Kensington School, dan Blackheath Proprietary School.

Menurut sejarah , pertandingan antara Sheffield FC melawan London City di tahun 1866 dianggap sebagai pertandingan resmi pertama Liga Inggris. Pertandingan ini berhasil dimenangkan oleh London City dengan skor 2-0. Uniknya , laga ini mengadopsi sebagian regulasi rugby sehingga saat pemain Sheffield FC yang menyundul bola , hal ini dianggap sebagai sebuah adegan lucu dan menjadi tertawaan bagi para pemain dan para penontonya.

Dalam perkembangannya , Sheffield FC yang berstatus sebagai klub sepak bola tertua ternyata tidak lantas membuat mereka masuk jajaran elite di Liga Inggris. Bahkan level tertinggi yang pernah diraih oleh klub ini adalah Northern Premier League Division 1 South East yang notabene kasta kedelapan di jagat sepak bola Inggris. Mereka sudah ada di liga tersebut sejak tahun 2007 lalu hingga saat ini.

Namun Sheffield FC bisa berbangga diri karena klub ini berhasil meraih satu penghargaan langka yang tidak dimiliki oleh klub elite lainnya seperti Manchester United, Bayern Munchen, Juventus, AC Milan, Barcelona, maupun Liverpool. Penghargaan tersebut adalah FIFA Order of Merit di tahun 2004 lalu. Hingga saat ini hanya ada dua klub yang menyimpan medali tersebut , yaitu Sheffield FC dan Real Madrid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *